IKA UB Luncurkan Aplikasi Talenta Bagi Lulusan Perguruan Tinggi


Tugusatu.id
- Ikatan Keluarga Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) meluncurkan Aplikasi Talenta UB sebagai wadah menjembatani mahasiswa dan alumni dalam dunia kerja. Platform tersebut diluncurkan pada saat kegiatan halal bihalal IKA UB di Auditorium kementrian PUPR , Jakarta Selatan, Sabtu (4 Mei 2024).


Talenta UB dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan alumni dan mahasiswa yang memiliki kompetensi khusus dan unggul sesuai dengan permintaan industri dimasa depan.


Aplikasi Talenta merupakan sebuah platform komunikasi yang mempertemukan mahasiswa dan alumni di pasar dunia kerja melalui jejaring profesional.

Paltform tersebut juga menyediakan program magang didunia indutri.


Talenta UB menawarkan alternatif gerbang karier melalui fitur lowongan pekerjaan yang tersedia baik dari entri level sampai profesional.


"Aplikasi ini juga mempromosikan para calon employer berdasar skor kompetensi yang dimiliki sesuai bidang yang diinginkan. Hal ini akan mempermudah para alumni dalam memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengejar impian,” kata Ketua Umum IKA UB M. Zainal Fatah.


Talenta UB juga bekerjasama dengan lembaga sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan lembaga internasional. Hal ini bertujuan untuk  memenuhi standard kompetensi alumni dan mahasiswa yang dibutuhkan industri.


Ketua umum IKA UB M. Zainal Fatah, mengatakan aplikasi Talenta UB ini dipersembahkan oleh alumni sebagai komitmen maju bersama  mahasiswa baik S1, S2, S3 dan sekolah Vokasi.


Rektor  Prof. Widodo dalam sambutanya mengatakan Talenta UB  merupakan bagian penting untuk meningkatkan keterserapan alumni didunia kerja.


“Berdasarkan Survei lebih dari 80% alumni kita terserap dalam dunia kerja yang tepat waktu” katanya.


Rektor juga berharap agar para alumni yang sudah punya jabatan penting dapat  membantu adik-adiknya dalam karier yang baik.


Dia juga berharap bagi alumni yang sukses bergerak disektor swasta bisa mendorong  mahasiswa memiliki skill dan keberanian seorang entrepreneurs.


“Sebaik-baiknya alumni adalah orang yang banyak memberikan kontribusi pada Alamamater,” katanya.


Halal bihalal IKA UB dihadiri sebanyak 1.317 alumni antaralain Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Mengko PMK) sekaligus ketua MWA UB Prof. Muhadjir Efendi, mantan Menkopolhukam Prof. Mahfud MD yang juga sebagai anggota majelis Wali Amanat Universitas Brawijaya (MWA UB), Prof. Ahmad Erani Yustika kepala sekretariat wakil presiden, dan ketua Ombusman Republik Indonesia Mokhamad Najih.


Dari pihak UB yang hadir adalah Ketua Senat UB Prof. Nufil Hanani, Rektor UB Prof. Widodo beserta seluruh wakil rektor, dekan,wakil dekan dari semua fakultas di UB. (KAN/OKY/Humas Ub).

Post a Comment

Previous Post Next Post