Hadiri Wisuda UMM, Menko Muhadjir Minta Alumni Cari Kesibukan Baru

Hadiri Wisuda UMM, Menko Muhadjir Minta Alumni Cari Kesibukan Baru

MALANG
(tugusatu.id) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sekaligus Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Malang (BPH UMM) menghadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-113 Tahun 2024, di UMM Dome, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Selasa (14/5/2024).


"Pagi ini saya menyaksikan wajah-wajah wisudawan yang ceria, optimis menatap masa depan, dan InsyaAllah wajah-wajah itu menggambarkan suasana hati suasana batin kalian untuk menuju masa depan cerah," ujar Muhadjir Effendy.


Muhadjir menyampaikan, setelah lulus dari bangku perkuliahan, maka langkah selanjutnya adalah menguji kesaktian dari teori yang telah dipelajari untuk dipraktekkan di dunia nyata. Karenanya, dia meminta para wisudawan segera mencari kesibukan baru.


"Maka setelah ini jangan larut dalam kesenangan, kegembiraan, harus segera bangkit menatap masa depan yang jauh lebih berat. Segera bangkit. Cari kesibukan baru, jangan hindari kesulitan," ujarnya.


Muhadjir optimis para mahasiswa lulusan UMM akan memiliki masa depan yang cerah apabila terus menantang diri dan mencari kesulitan untuk dihadapinya. Dia pun beranggapan para lulusan UMM akan mengisi lapangan pekerjaan, menjadi pencipta kerja, dan mengisi pembangunan Indonesia.


Kemudian, Muhadjir meminta para lulusan UMM bisa membangun keterpaduan dan keharmonisan di tengah masyarakat. Hall itu harus menjadi watak dasar lulusan UMM di tengah-tengah masyarakat.


"Berperilakulah yang inklusif, merangkul semua orang semua pihak dan menjadi penengah di antara perbedaan-perbedaan masyarakat," ucapnya.


Muhadjir meminta para lulusan UMM bisa terus menjaga akhlak baik. Selain itu, dia berpesan untuk terus menjaga ibadah karena itu menjadi kunci kesuksesan di dunia dan di akhirat kelak.


"Saya wanti-wanti betul kepada alumni UMM, shalat itu harus betul-betul dipertahankan. Apalagi kalau ditambah dengan shalat malam itu modal yang luar biasa," ujarnya. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post